Beli Saham Usmanov, Kroenke Segera Kuasai Arsenal 100 Persen

Beli Saham Usmanov, Kroenke Segera Kuasai Arsenal 100 Persen
Beli Saham Usmanov, Kroenke Segera Kuasai Arsenal 100 Persen
Agen Bola Online – Pemilik saham terbesar Arsenal Stan Kroenke telah melepas penawaran resmi sekitar 600 juta pounds untuk membeli saham klub yang dimiliki oleh Alisher Usmanov.

Kroenke adalah pengusaha asal Amerika Serikat. Saat ini ia menguasai 67 persen saham klub Arsenal, melalui perusahaannya yang bernama Kroenke Sports & Entertainment (KSE).

Sementara itu, Usmanov memiliki 30 persen saham dari klub yang bermarkas di Emirates Stadium itu. Saham inilah yang ingin dibeli oleh Kroenke, yang akan membuatnya menguasai The Gunners secara privat.

Pengumuman pembuatan penawaran itu sendiri dilakukan di London Stock Exchange pada hari Selasa (07/08). Usmanov sendiri juga disebut telah sepakat untuk melepas semua sahamnya itu pada Kroenke.

Berdasar laporan dari Sky Sports, agar bisa mendanai pembelian itu, Kroenke akan membayar Usmanov sebesar 45 juta pounds lebih dahulu. Dan kemudian untuk sisa pembayarannya ia akan meminjam uang dari Deutsche Bank.

“Kami di KSE bergerak maju dengan tawaran ini yang mengarah ke 100% kepemilikan klub. Kami menghargai dedikasi Mr Usmanov kepada Arsenal Football Club dan etos kerja bertingkat dan sejarah yang diwakili klub.”

“Keberhasilan penerapan penawaran akan menghasilkan pembukaan babak baru dalam sejarah klub dalam membawa 100% kepemilikan pribadi oleh KSE.”

“KSE percaya pindah ke kepemilikan pribadi akan membawa manfaat dari pemilik tunggal yang bisa bergerak dengan lebih cepat sebagai kelanjutan dari strategi dan ambisi klub. KSE adalah pemilik klub jangka panjang yang berkomitmen.” Demikian pernyataan dari KSE.

Meskipun merupakan pemegang saham individu terbesar kedua klub, Usmanov sebelumnya menjadi frustrasi karena tidak diberi kursi di dalam dewan direksi. Ia pun telah melakukan beberapa upaya untuk membeli saham mayoritas milik Kroenke.

Usmanov juga bersikap kritis terhadap cara Kroenke menjalankan klub di dalam dan di luar lapangan. Ia juga menyalahkan koleganya itu atas kinerja klub yang buruk dan kurangnya investasi terhadap pemain.

Mei tahun 2017 lalu, Usmanov bahkan sempat melepas penawaran sebesar satu milyar pounds untuk membeli saham Kroenke. Namun penawaran itu ditolak dengan tegas.

Baca Juga: Bos Crystal Palace Bantah Wilfried Zaha Ingin ke Chelsea

Setelah itu pada bulan Oktober, giliran KSE UK menawarkan dana mencapai 525 juta pounds untuk saham Usmanov. Namun tawaran itu balik ditolak mentah-mentah.

Berita video Vlog Bola.com kali ini langsung dari International Champions Cup (ICC) di Singapura, di mana bertemu dengan dua bintang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang dan Hector Bellerin, setelah pertandingan.